Manfaat dan Kandungan Nutrisi Buah Sirsak


Buah Sirsak yang dalam bahasa jawa dikatakan (Nongko Londo/Sirkaya) adalah buah yang mempunyai segudang manfaat/khasiat. Dalam buah sirsak terdapat 67,5% daging buah, 8,5% biji buah, 20% kulit buah dan 4% inti buah.

Buah sirsak yang memiliki nama latin Annona muricata L ini tidak hanya daging buahnya saja yang mempunyai gizi, akan tetapi beberapa anggota dari buah sirsak seperti daun sirsak, bunga sirsak dan biji juga mempunya berbagai manfaat.

Buah sirsak memiliki berbagai macam nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh dan beberapa diantaranya adalah serat, vitamin c, karbohidrat dan masih banyak lagi beberapa kandungan untuk menunjang kesehatan yang lain.

Beberapa orang memanfaatkan buah sirsak dalam kesehatan yang beberapa diantaranya adalah gigunakan untuk pengobatan ambeien, kanker, bisul, rematik, penyakit liver dan eksim.

Disamping air, kandungan zat gizi yang terdapat dalam buah sirsak adalah karbohidrat, karbohidrat dalam buah sirsak berupa zat gula preduksi (fruktosa dan glukosa) dengan kadar antara 81,9% hingga 93,6% dari kandungan gula total.

Buah sirsak juga mempunyai kadar lemak yang rendah yakni hanya (0,3 g/100 g), sehingga menjadikan buah yang mempunyai Multifungsi untuk kesehatan. Rasa asam dalam buah disebabkan karena asam organik non volatil, terutama asam sitrat, asam malat dan asam isositrat yang terkandung dalam buah sirsak.

Asupan Antioksidan yang mempunyai peranan penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh serta memperlambat proses penuaan juga dapat diperoleh dengan mengonsumsi 300 gram buah sirsak, hal ini dikarenakan Buah Sirsak sangat kaya akan Vitamin C.

Kandungan mineral yang cukup dominan pada buah sirsak yaitu kalsium dan fosfor, masing-masing sebesar 14 dan 27 mg/100g. Kedua mineral ini sangat penting untuk membentuk tulang yang kuat sehingga tidak mudah terkena serangan Osteoporosis.

Dalam buah sirsak juga terkandung senyawa fitokimia, dimana senyawa ini banyak dimanfaatkan oleh tubuh untuk meningkatkan kesehatan. Senyawa Fitokimia yang terdapat pada buah sirsak efektif mengobati antisembelit, batu empedu, asam urat dan dapat meningkatkan nafsu makan.

Oleh karena itu alangkah baiknya tanaman buah sirsak ini dibudidayakan, karena juga termasuk bahan obat-obatan dan sangat membantu dalam meningkatkan kesehatan tubuh.
thumbnail
Judul: Manfaat dan Kandungan Nutrisi Buah Sirsak
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Buah dan Sayur :

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz