Samsung Bayar Apple $1 Miliar Dolar dengan Uang Recehan

Setelah perang Apple vs Samsung mengenai hak paten beberapa hari yang lalu, dan hasilnya Samsung dinyatakan kalah di pengadilan, dia harus membayar ganti rugi pada Apple senilai USD $1,05 miliar. Samsung akhirnya mau membayar ganti rugi pada Apple dengan mengirimkan 30 truk berisi uang recehan 5 sen untuk membayar ganti rugi tersebut.

Lebih dari 30 truk yang mengangkut uang recehan 5 sen tiba di markas Apple di Cupertino, California. Pihak perusahaan pun kaget dan mengatakan pada 30 truk tersebut bahwa mereka salah alamat.

Samsung Bayar Apple $1 Miliar Dolar dengan Uang Recehan
Beberapa menit kemudian. CEO Samsung pun menelpon Tim Cook, CEO Apple dan menjelaskan bahwa 30 truk pengangkut uang recehan tersebut tidak salah alamat dan uang recehan yang diangkut lebih dari 30 truk tersebut adalah ganti rugi yang harus dibayar Samsung pada Apple.

CEO Samsung juga menjelaskan pada Tim Cook bahwa menurutnya, metode pembayaran dalam bentuk uang recehan 5 sen yang diangkut oleh lebih dari 30 truk adalah metode pembayaran terbaik.

Samsung juga mengatakan dalam dokumen perjanjian yang ditandatangani Apple dan Samsung tidak menyebutkan metode pambayaran, sehingga Samsung merasa berhak menentukan metode pembayaran yang dianggap terbaik.

Apple pun tak dapat mengelak lagi dan akhirnya mengerahkan tenaga karyawannya termasuk para eksekutif untuk menghitung uang ganti rugi dari Samsung selama berjam-jam lamanya sambil berharap bahwa bank mau menerima seluruh uang recehan senilai USD $1,05 miliar.

Pembayaran menggunakan uang recehan 5 sen sendiri tidak sesuai dengan Undang-Undang di negara Amerika Serikat, jika memang truk tersebut digunakan Samsung untuk membayar ganti rugi, maka truk-truk tersebut akan kembali ke Samsung.

Menurut Undang-Undang yang ada, semua uang koin memang berlaku untuk digunakan transaksi pembayaran hutang, biaya umum atau pajak dan perusahaan swasta bebas mengembangkan kebijakan mereka sendiri untuk menerimai uang tunai.

Sebagai contoh, toko-toko eceran, pompa bensin atau bioskop dapat menolak untuk menerima mata uang denominasi tertentu yang dinilai terlalu besar. Hal semacam ini juga dapat diterapkan Apple dengan menolak pembayaran ganti rugi dengan uang recehan seperti yang dikabarkan pada berita lelucon beberapa waktu lalu.

Hal yang tidak masuk akal lagi adalah jumlah truk yang mengangkut uang recehan 5 sen itu dinilai terlalu sedikit, hanya 30 truk lebih. Secara teoritis dibutuhkan 2000 truk lebih untuk mengangkut uang recehan 5 sen seniali $1 miliar.

Untuk mencapai nilai 1 miliar dollar, dibutuhkan uang receh 5 sen sebanyak 20 miliar keping dan tiap keping memiliki berat 5 gram, berapa berat keseluruhan uang recehan $1 miliar ini? 20.000.000.000 x 0,005kg = 100.000 ton!

Berat total seluruh uang recehan 5 sen senilai $1 miliar ini mencapai 100.000 ton dan diperlukan setidaknya 2.755 truk yang menggunakan 18 roda untuk mengangkut semuanya, dan jika memang dibayar dengan cara ini.

Mengenai jumlah uang pecahan 5 sen, menurut The New York Times , pada tahun 2006 memang ada 20 miliar uang receh yang beredar, namun kini jumlahnya sudah jauh berkurang seiring meningkatnya harga logam.

Seperti yang dilansir dari Guardian (29/08/2012), pembayaran dengan 30 truk uang koin sangat tidak masuk akal. Uniknya, meski berita pembayaran ganti rugi dengan 30 truk ini hanya lelucon, banyak yang menanggapinya dengan serius.

sumber : sidomi.com
thumbnail
Judul: Samsung Bayar Apple $1 Miliar Dolar dengan Uang Recehan
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Gadget :

2 comments:

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz